Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Lasem dan Karimunjawa

Kompas.com - 08/12/2012, 03:25 WIB

Setiap tahun, selama 27 tahun, Sari Ayu Martha Tilaar meluncurkan tren warna untuk produk kosmetiknya. Untuk tahun 2013, tren warna yang diluncurkan pada Kamis (6/12) malam, di Semarang, terinspirasi pesisir utara Jawa Tengah, tepatnya dari kota Lasem dan Kepulauan Karimunjawa.

Menurut Wulan Maharani Tilaar (35), Vice Chairwoman Martha Tilaar Group, produk ”Lasem” didominasi warna merah darah khas batik Lasem. Sementara ”Karimunjawa” didominasi warna hijau kebiruan khas biota laut di kepulauan itu. Peluncuran tersebut dihadiri, antara lain, Wakil Gubernur Jateng Rustriningsih dan budayawan Prof Ir Eko Budihardjo.

”Kami selalu konsisten untuk mengangkat kearifan budaya tradisi. Ini juga upaya kami untuk mengingatkan generasi muda agar menghargai dan mencintai kekayaan bangsa sendiri,” kata Wulan, ibu dari Anjani (9) dan Attira (6).

Semangat mengenal Indonesia itu ia terapkan juga kepada anak-anaknya sejak dini. Wulan, antara lain, secara teratur membawa anak-anaknya mengenal berbagai museum di Jakarta dan di Tanah Air.

”Kalau kita tak melakukan ini secara sadar, yaitu dengan menjadikannya sebagai pilihan pertama dibandingkan pergi ke mal atau jalan-jalan ke luar negeri, kita bisa lupa akan kekayaan yang dimiliki Indonesia,” kata Wulan. (MYR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com