Warna Lasem dan Karimunjawa

Kompas.com - 08/12/2012, 03:25 WIB
Editor

Setiap tahun, selama 27 tahun, Sari Ayu Martha Tilaar meluncurkan tren warna untuk produk kosmetiknya. Untuk tahun 2013, tren warna yang diluncurkan pada Kamis (6/12) malam, di Semarang, terinspirasi pesisir utara Jawa Tengah, tepatnya dari kota Lasem dan Kepulauan Karimunjawa.

Menurut Wulan Maharani Tilaar (35), Vice Chairwoman Martha Tilaar Group, produk ”Lasem” didominasi warna merah darah khas batik Lasem. Sementara ”Karimunjawa” didominasi warna hijau kebiruan khas biota laut di kepulauan itu. Peluncuran tersebut dihadiri, antara lain, Wakil Gubernur Jateng Rustriningsih dan budayawan Prof Ir Eko Budihardjo.

”Kami selalu konsisten untuk mengangkat kearifan budaya tradisi. Ini juga upaya kami untuk mengingatkan generasi muda agar menghargai dan mencintai kekayaan bangsa sendiri,” kata Wulan, ibu dari Anjani (9) dan Attira (6).

Semangat mengenal Indonesia itu ia terapkan juga kepada anak-anaknya sejak dini. Wulan, antara lain, secara teratur membawa anak-anaknya mengenal berbagai museum di Jakarta dan di Tanah Air.

”Kalau kita tak melakukan ini secara sadar, yaitu dengan menjadikannya sebagai pilihan pertama dibandingkan pergi ke mal atau jalan-jalan ke luar negeri, kita bisa lupa akan kekayaan yang dimiliki Indonesia,” kata Wulan. (MYR)

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X