Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jabar Targetkan "Zero" Pengidap HIV/AIDS

Kompas.com - 01/12/2012, 20:41 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menargetkan provinsi Jawa Barat sebagai provinsi yang terbebas dari penyakit HIV/AIDS.

Hal itu dikatakannya kepada wartawan usai menghadiri peringatan Hari HIV/AIDS sedunia di lapangan Gasibu, Bandung, Jalan Diponegoro, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (1/12/2021).

"Kita akan buat pengidap HIV/AIDS di Jabar ini menjadi zero, dalam artian tidak ada sama sekali warga Jabar yang mengidap penyakit HIV/AIDS," ujar Heryawan kepada wartawan.

Heryawan berjanji akan melakukan berbagai cara untuk memberantas penyakit yang sampai saat ini belum diketemukan obatnya itu. Meski begitu, keinginan itu bukan hal mudah untuk diwujudkan, perlu perjuangan yang ekstra dari berbagai pihak.

"Kita tidak akan menargetkan sampai kapan target itu akan terwujud, karena saya rasa hal ini cukup sulit untuk diwujudkan. Yang penting kita berusaha semaksimal mungkin," tegas Heryawan.

Selain itu, jika memang harus dilakukan, Heryawan juga akan menggarkan dana APBD untuk memperbantukan penanggulangan penyakit itu.

"Ya, pokoknya kita anggarkan saja, berapapun nominalnya tidak masalah, Rp 10-15 milyar hingga berapapun juga tidak masalah, yang penting pengidap HIV / AIDS di Jabar menjadi nol," ujarnya.

Heryawan mengimbau, kepada siapa saja yang menemukan penyakit HIV/AIDS atau penderitanya sendiri, suapaya melaporkannya ke pihak terkait. Menurutnya, hal itu akan mempermudah para petugas untuk melakukan pemberantasan HIV/AIDS.

"Semakin banyak menemukan para pengidap, artinya kan makin bagus, jadi petugas bisa tahu apa saja yang akan dilakukan untuk menanggulangi masalah tersebut," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com