Biaya Buat Truk Pikup Esemka Produksi SMKN 2 Terbanggi Rp 90 Juta

Kompas.com - 01/12/2012, 07:06 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com -  SMKN 2 Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, siap memproduksi massal mobil merek Esemka rakitan para siswa. Harganya pun cukup terjangkau, hanya Rp 90 juta. Harga Rp 90 juta ini adalah untuk mobil mini truk (pikup) bermesin 1.500 cc.

Menurut Syaiful Bahri, Ketua Jurusan Otomatif SMKN 2 Terbanggi Besar, Jumat (30/11/2012) malam, mobil pikup itu belum dinamai karena masih berupa prototipe dan pengembangan.

"Namun, kabarnya, akan ada order 2.000 unit. Kami masih menunggu kepastian MOU (nota kesepahaman)," ujarnya. Mobil yang 90 persen komponennya berasal dari dalam negeri itu dibuat bersama di bawah payung PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka).

Sebelumnya, PT Esemka sudah memproduksi dua mobil yaitu Rajawali, tipe SUV, dan Bima untuk tipe pikup. "Mobil pikup yang dibuat di tempat kami ini spesifikasi mesin dan rangka lebih besar dari Bima. Untuk Bima harganya Rp 60 juta. Untuk yang kami produksi ini biaya produksinya Rp 90 juta," tuturnya.

Mobil ini dirakit selama 2 minggu oleh siswa-siswa kelas III SMKN 2 Terbanggi Besar dengan pengawasan para guru. Perakitannya melibatkan 32 siswa. Kepala SMKN 2 Terbanggi Besar Joni Syarif berharap, mobil buatan anak bangsa ini bisa diserap industri perkebunan yang ada di Lampung. Di Lampung banyak terdapat perkebunan sawit dan singkong.

"Untuk itu, menggandeng Kadin, kami berharap mobil ini bisa dipasarkan luas," tutur Joni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.