Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Persen Warga Jakarta Pengguna Narkoba

Kompas.com - 29/11/2012, 15:40 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ternyata, angka pengguna narkoba di Jakarta tertinggi dibandingkan provinsi lainnya. Menekan jumlah pengguna menjadi sulit karena pertumbuhannya lebih cepat dari hasil penanggulangan yang dilakukan.

"Itu data BNN pusat dan Pusdikes Universitas Indonesia tahun 2012," kata Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta Brigjen Pol Ali Johari  di Balaikota Jakarta, Kamis (29/11/2012).

Ia menjelaskan, pengguna narkoba di Jakarta mencapai angka tujuh persen dari jumlah penduduknya yang hampir mencapai 10 juta jiwa. Jika dikalkulasi, jumlah pengguna narkoba di DKI melebihi 500.000 jiwa.

Untuk itu, BNNP DKI Jakarta terus merancang kerjasama dengan pemerintah setempat untuk menekan jumlah pengguna narkoba. Salah satunya dengan menjalankan program pemberantasan penggunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

Gayung bersambut, karena Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta BNNP DKI Jakarta untuk melakukan aksi konkret melebihi apa yang dilakukan selama ini. Semua dilakukan semata-mata untuk memberi tekanan penuh pada penyalahgunaan narkoba.

"P4GN sudah kita lakukan sejak 2008, hasilnya ada tapi kalah dengan peningkatan jumlah penggunanya," ujar Ali.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com