Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggi Letusan Lokon Mencapai 3.500 Meter

Kompas.com - 28/11/2012, 10:25 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Dentuman keras Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, juga mengagetkan warga Tateli, Minahasa, yang berjarak puluhan kilometer dari Tomohon, Rabu (28/11/2012) pada pukul 10.26 Wita. Mereka berhamburan keluar dari rumah masing-masing setelah mendengar suara dentuman yang dahsyat itu.

Abu yang dihasilkan dari letusan tersebut terlihat jelas membubung ke atas yang menjadikan tontonan warga. "Saya kaget, mengira bunyi guntur, tapi ternyata Lokon kembali meletus," ujar Ndoro, warga Tateli yang bersama warga lainnya menyaksikan abu Lokon.

Komandan Rayon Militer (Danramil) Kapten Kavaleri Ahmad Nurdin mengatakan, letusan Lokon kali ini cukup dahsyat dan mengagetkan semua warga Tomohon. "Tinggi letusan diperkirakan 3.500 meter," ujar Nurdin kepada Kompas.com.

Nurdin juga menjelaskan bahwa semua jajarannya siap siaga saat ini juga diperlukan untuk melakukan evakuasi warga. "Kami siap untuk tindakan selanjutnya jika diperlukan," tegasnya.

Sementara itu, Fredy, warga Kakaskasen III, Tomohon,  ketika dihubungi mengatakan bahwa mereka sempat panik ketika terdengar letusan yang cukup dahsyat tersebut. "Panik, tapi kami mencoba tenang. Sirene di jalanan sudah berbunyi, kami menunggu perintah dari aparat saja," ujar Fredy.

Hingga berita ini diturunkan, aktivitas Lokon masih berlangsung meskipun berangsur mereda. Kepala Pos Pemantau Gunung Api Lokon dan Mahawu belum dapat dihubungi untuk konfirmasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com