Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Anti-Isreal, Mahasiswa Gelar Teatrikal Pocong

Kompas.com - 25/11/2012, 12:29 WIB
Kontributor Demak, Ari Widodo

Penulis

DEMAK,KOMPAS.com - Aksi penolakan agresi militer Israel terhadap Palestina, terus bergulir di sejumlah daerah. Di Demak Jawa Tengah, puluhan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Demak, menggelar aksi yang sama, Minggu (25/11/2012).

Aksi yang digelar di perempatan lampu merah Jalan Sultan Fatah mengundang perhatian para pengguna jalan. Selain berorasi dan menggelar poster memprotes serangan rudal Israel, para mahasiswa juga menggelar aksi teatrikal. Mereka melakukan performannce art pocong turun ke jalan. Pemeran pocong yang menggendong anaknya terus dipukul dan ditendang serta ditembak oleh tentara Israel. Aksi tersebut menggambarkan kesengsaraan rakyat Palestina akibat kekejaman tentara Israel.

Koordinator aksi, Untung Ali Romdon, mengatakan, aksi kali ini adalah bentuk keprihatinan mahasiswa Demak terhadap agresi militer Israel terhadap Palestina. Mereka mengecam kekerasan terhadap penduduk sipil. Banyak korban berjatuhan, tidak hanya orang tua, bahkan anak- anak sebagai generasi penerus ikut tewas berkalang tanah tanpa tahu dosa mereka terhadap Israel.

Mahasisawa mengajak warga agar ikut membantu meringankan penderitaan rakyat Palestina dengan ikut menyumbangkan sedikit hartanya, meskipun tidak seberapa tapi minimal bisa meringankan beban rakyat Palestina yang sedang menghadapi krisis di semua sektor. "Selamatkan Palestina, Israel harus dimusnahkan dari muka bumi. Israel teroris," kata Untung bersemangat. Meski tidak mendapatkan pengawalan dari aparat kepolisian, aksi yang berlangsung satu jam tersebut, berlangsung lancar, dan para mahasiswa membubarkan diri dengan tertib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com