Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Bahan Bakar Meluas

Kompas.com - 24/11/2012, 02:47 WIB

Batam, Kompas - Krisis bahan bakar minyak, terutama premium dan solar, tidak hanya terjadi di Pulau Flores, tetapi kini juga meluas hingga ke sejumlah kota, antara lain Batam, Balikpapan, dan Kupang. Selain penyelewengan, kelangkaan itu juga disebabkan pengurangan pasokan oleh Pertamina.

Pada Jumat (23/11), 20 dari 30 SPBU di Batam mengumumkan kehabisan solar. Pengumuman serupa kerap muncul sejak tiga pekan lalu. Akibatnya, muncul antrean kendaraan lebih dari 200 meter di SPBU.

Untuk premium, keterbatasan pasokan mulai terasa sejak Rabu lalu. Jumat pagi, sejumlah SPBU resmi membatasi pembelian premium. Setiap mobil hanya boleh membeli 22 liter dan sepeda motor 2 liter. Bahkan, ada SPBU hanya mengizinkan pembelian 11 liter untuk setiap mobil.

Di Balikpapan, Kalimantan Timur, antrean panjang kendaraan, terutama solar, juga tampak di beberapa SPBU, seperti di Manggar (Balikpapan Timur) dan di SPBU Stalkuda (Balikpapan Selatan). ”Biasanya antrean sudah menghilang setelah jam 9, tetapi kini antrean hingga siang, bahkan meluber ke jalan,” ujar Rachmat, warga Balikpapan Timur.

Di Kupang, NTT, sudah sekitar empat hari hingga Jumat (23/11) sore, kelangkaan solar masih terjadi. Akibatnya, sekitar 12 SPBU di kota itu disesaki antrean panjang kendaraan pengguna solar.

Manajer SPBU Naikoten, Kota Kupang, Leksi Radja mengaku, sebelumnya setiap hari Pertamina mengirim delapan tangki BBM, yakni bensin empat tangki, pertamax dua tangki, dan solar dua tangki, masing-masing 5.000 liter. Namun, sejak 15 November hanya dikirim tiga tangki, masing-masing jenis satu tangki.

”Dua hari terakhir BBM di sini kosong. Kendaraan tidak antre karena kami langsung memasang tanda ’kosong’ di depan pintu masuk. Antrean terjadi di SPBU yang masih menyisakan bahan bakar. Di Kota Kupang ada 12 SPBU. Hari ini ada delapan SPBU kosong sama sekali sehingga kendaraan semua tumpuk di lima SPBU yang masih ada BBM,” kata Leksi.

Ada pengendalian

Manajer Pemasaran Pertamina Wilayah Kepulauan Riau Ketut Permadi mengatakan, ada pengendalian pasokan ke SPBU di Batam. Sebab, penyaluran terus membengkak dan tahun 2012 belum selesai. ”Pasokan dikurangi, tapi titik distribusinya lebih banyak. Kalau dulu satu SPBU dapat 24 kiloliter setiap pengiriman, kini 8 kiloliter. Sisanya dibagi ke SPBU lain,” ujarnya.

Setiap hari Pertamina memasok 550 kiloliter premium dan 242 kiloliter solar. Pola pasokan diubah dari beberapa hari sekali menjadi setiap hari. ”Pengendalian lebih ketat untuk mencegah penyaluran melewati kuota. Sebenarnya kelebihan kuota sudah terjadi seperti di awal tahun, penyaluran di Batam 150 persen dari kuota.,” ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com