Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SD di Klaten Kumpulkan Rp 14 Juta untuk Gaza

Kompas.com - 23/11/2012, 17:01 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

KLATEN, KOMPAS.com - Ratusan siswa Sekolah Dasar di Klaten beramai ramai menyisihkan sebagian uang saku untuk membantu korban perang di Palestina. Aksi ini berawal dari keprihatinan mereka terhadap para korban perang, terutama sesama anak-anak yang berada di Jalur Gaza, Palestina. Dari uang saku para siswa ini terkumpul uang sebesar Rp 14 juta.

Selain mengumpulkan uang, siswa juga menggelar doa bersama untuk perdamaian di Palestina. Tidak hanya para siswa, guru yang hadir pun menyisihkan uang mereka untuk disumbangkan. "Dari uang saku kita, kita sisihkan untuk disumbangkan ke korban perang di Palestina" kata Rafiq, salah satu siswa.

Sebelum mengumpulkan uang, sebanyak 300 siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Jatinom, Klaten, pada Jumat (23/11/2012) tampak khusuk berdoa bersama, meskipun di bawah terik matahari. 

Sementara itu, salah satu guru, Triyanto mengatakan, selain memupuk nilai kemanusiaan sejak dini, para siswa diajarkan untuk berbuat nyata dengan cara menyisihkan uang saku mereka untuk wujud rasa kemanusiaan. Uang yang terkumpul tersebut akan diserahkan melalui Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) di Yogyakarta. 

Sebelumnya diberitakan, ratusan siswa SD di Sragen, Jawa Tengah, pun menggelar doa dan menggalang dana serupa seperti yang digelar di Klaten. Seusai shalat, para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, masuk ke setiap kelas dengan membawa kardus untuk menggalang dana kemanusiaan.

Menurut Wakil Kepala Sekolah, Sri Suratno, dana yang terkumpul akan diserahkan ke lembaga sosial yang bertugas ke Palestina. Dalam hitungan jam, dana terkumpul sebesar Rp 17 juta. "Dana yang terkumpul sebesar Rp 17 juta dan kita akan serahkan ke lembaga sosial yang bertugas di Palestina" kata Suratno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com