Kompas.com - 22/11/2012, 19:33 WIB
|
EditorLaksono Hari W

BOGOR, KOMPAS.com - PT KAI membutuhkan setidaknya 35.000 meter kubik tanah untuk membangun kembali tanah longsor di perlintasan rel Cilebut-Bojong Gede. Ini belum termasuk bronjong dan pembangunan turap untuk memperkokoh tanah dan rel yang amblas, Rabu (21/11/2012) kemarin.

Meski demikian, sangat sulit memenuhi kebutuhan mengisi tanah yang amblas di lokasi tersebut. Ini dikarenakan sempitnya akses masuk ke lokasi longsornya tanah di Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Truk yang sudah disediakan tim gabungan Kementerian Perhubungan, PT KAI, dan pemerintah Kabupaten Bogor belum bisa masuk ke lokasi karena jalan satu-satunya yang bisa dilalui macet.

"Kami minta tolong ke pemerintah (Kementerian Perhubungan) dan pemerintah Kabupaten Bogor untuk mempermudah jalan masuk supaya alat-alat berat segera bisa bekerja," kata Humas PT KAI Sugeng Priono kepada Kompas.com, Kamis (22/11/2012).

Saat ini sudah ada satu alat berat yang diturunkan tim ke lokasi. Alat berat ini terus memindahkan tanah dan bebatuan untuk menutup titik longsor yang panjangnya lebih kurang 200 meter. Adapun rel yang amblas belum bisa diangkat. Begitu pula kawat listrik dan tiang penyangga sinyal yang masih terbenam di lokasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.