Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Sempit Persulit Penanganan Rel Amblas

Kompas.com - 22/11/2012, 19:33 WIB
Noory Okthariza

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - PT KAI membutuhkan setidaknya 35.000 meter kubik tanah untuk membangun kembali tanah longsor di perlintasan rel Cilebut-Bojong Gede. Ini belum termasuk bronjong dan pembangunan turap untuk memperkokoh tanah dan rel yang amblas, Rabu (21/11/2012) kemarin.

Meski demikian, sangat sulit memenuhi kebutuhan mengisi tanah yang amblas di lokasi tersebut. Ini dikarenakan sempitnya akses masuk ke lokasi longsornya tanah di Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Truk yang sudah disediakan tim gabungan Kementerian Perhubungan, PT KAI, dan pemerintah Kabupaten Bogor belum bisa masuk ke lokasi karena jalan satu-satunya yang bisa dilalui macet.

"Kami minta tolong ke pemerintah (Kementerian Perhubungan) dan pemerintah Kabupaten Bogor untuk mempermudah jalan masuk supaya alat-alat berat segera bisa bekerja," kata Humas PT KAI Sugeng Priono kepada Kompas.com, Kamis (22/11/2012).

Saat ini sudah ada satu alat berat yang diturunkan tim ke lokasi. Alat berat ini terus memindahkan tanah dan bebatuan untuk menutup titik longsor yang panjangnya lebih kurang 200 meter. Adapun rel yang amblas belum bisa diangkat. Begitu pula kawat listrik dan tiang penyangga sinyal yang masih terbenam di lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com