Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Kematian Ibu di Surabaya Tertinggi Kedua di Jatim

Kompas.com - 22/11/2012, 14:17 WIB
Harry Susilo

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com- Meskipun fasilitas kesehatan cukup memadai, Kota Surabaya menduduki peringkat kedua tertinggi dalam jumlah kasus kematian ibu di Jawa Timur. Dari 627 ibu yang meninggal di Jatim pada 2011, jumlah kematian ibu di Surabaya mencapai 47 orang.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Jatim, selain Surabaya, tingkat kematian tertinggi ada di Kabupaten Jember (54) dan Kabupaten Kediri (31). Sekitar 80 persen kematian justru terjadi di fasilitas kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Jatim Budi Rahaju mengatakan, penyebab utama kematian ibu di Jatim adalah pendarahan saat persalinan dan tekanan darah tinggi saat hamil (preeklamsia).

"Tingginya tingkat kematian ibu di Surabaya menunjukkan tidak selamanya fasilitas kesehatan memadai di kota besar dapat menjamin kesehatan ibu dan bayi," ujar Budi, Kamis (22/11/2012).

Dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan di Rumah Sakit Umum dr Soetomo Surabaya, dr Agus Sulistiyono SpOG (K) mengakui, masih banyaknya kasus kematian di Surabaya akibat keterlambatan rujukan ke rumah sakit terdekat.

Kebanyakan petugas memberi rujukan ke rumah sakit milik pemerintah karena pertimbangan biaya meskipun letaknya jauh. Di RSU dr Soetomo misalnya, beberapa kali terjadi kasus meninggalnya ibu saat tiba di rumah sakit ketika akan melakukan persalinan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com