Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2012, 14:55 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi demonstrasi yang melibatkan ratusan sopir angkutan umum dari Koperasi Wahana Kalpika (KWK) di Grogol, Jakarta Barat, menyusahkan warga pengguna jasa angkutan umum. Para pengunjuk rasa melarang angkutan berpelat kuning melintas ke arah Satria Raya dan Daan Mogot.

"Ini akan tetap kita tertibkan. Kasihan masyarakat kesulitan angkutan kalau semua dicegat seperti ini. Jadi, ada beberapa angkutan yang kita alihkan jalannya lewat Green Garden Kembangan," kata Kepala Polrestro Jakarta Barat Komisaris Besar Suntana, Selasa (20/11/2012).

Dari aksi demonstrasi ini, terlihat sopir angkot menghentikan beberapa bus metromini, Kopaja, Kopami, dan angkutan lain dengan berpelat nomor berwarna kuning. Aksi ini sempat ricuh saat bus transjakarta juga dihentikan secara paksa.

Dari pantauan Kompas.com, beberapa bus Kopami P 12 arah Senen-Kalideres bahkan ditimpuk menggunakan batu agar tidak mengangkut penumpang. Mereka tidak boleh mengambil penumpang sebagai bentuk solidaritas kepada para sopir angkot.

Di perempatan Grogol, terlihat ratusan penumpang telantar dan tidak bisa melanjutkan perjalanan. Mereka terpaksa menggunakan jasa ojek, bemo, atau taksi yang diperbolehkan menarik penumpang oleh sopir angkot.

Aksi mogok para sopir angkot itu membuat calon penumpang kebingungan. Sebagian calon penumpang yang putus asa mendapatkan angkot terpaksa membatalkan perjalanan mereka. Hal itu dialami oleh Danis (14), siswa kelas VIII SMP Islam Bahagia.

"Saya enggak tahu lagi mau naik apa. Semua angkotnya enggak jalan. Kalau enggak ada angkot, kayaknya saya pulang lagi. Soalnya enggak bisa ke sekolah," kata Danis di Grogol, Jakarta Barat.

Danis biasanya naik bemo dari rumahnya di Kebon Pisang, Jelambar, Jakarta Barat. Setelah itu, ia melanjutkan dengan naik angkot KWK B01 ke arah Season City, tetapi para sopir angkutan tersebut melakukan aksi demo sehingga ia tidak dapat pergi ke sekolah.

Seorang warga bernama Irish mengatakan, dia sangat kesulitan mendapatkan angkutan. Ia harus jalan ke arah Ratu Menten untuk mendapatkan angkutan lain seperti bemo dan taksi.

Jalur kendaraan dari Daan Mogot sampai Kalideres ditutup oleh sopir angkot KWK. Dari empat jalur yang tersedia, hanya satu jalur yang dapat digunakan. Imbas dari pembukaan satu jalur ini berpengaruh pada kemacetan dari Daan Mogot, Grogol, sampai perbatasan Tangerang-Kalideres.

Adapun sopir angkot KWK yang mengikuti aksi demo di Grogol hari ini terdiri dari sopir angkot B01 jurusan Grogol Muara-Angke, B02 jurusan Cengkareng-Kota, B03 jurusan Ciputra-Meruya, B10 dari Taman Kota ke Joglo, B17 dari Ciputra ke Kebayoran Lama, B14 jurusan Ciputra-Rawa Buaya, B04 jurusan Meruya-Cengkareng, B11 Rawa Kompeni-Rawa Buaya, dan B09 Green Garden-Meruya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.