Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gus-Soekirman Didukung 23 Parpol

Kompas.com - 16/11/2012, 12:08 WIB
Aufrida Wismi Warastri

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com- Bakal calon Gubernur Sumut ke-4 yang mendaftar ke KPU adalah mantan Direktur Bank Sumut Gus Irawan Pasaribu, Jumat (16/11/2012). Gus menggandeng Wakil Bupati Serdang Bedagai Soekirman sebagai wakilnya.

Keduanya datang dikawal ratusan orang dengan berbagai atraksi budaya. Pasangan ini didukung 23 partai politik, yakni Partai Barnas, Partai Buruh, Partai Gerindra, Partai Kedaulatan, Partai Merdeka, Partai Pakar Pangan, PBB, PDK, Partai Pelopor, PIS, PKB, PKDI, PKPB, PMB, PNBKI, PPDI, PPI, PPIB, PPNUI, PPPI, PAN, PBR, dan PDP.

Anggota KPU Sumut Turunan Gulo mengatakan, pasangan ini didukung 23 partai yang memiliki 1.439.858 suara. Namun, ada enam partai pendukung yang sampai saat ini memiliki dualisme kepemimpinan, yakni Partai Pelopor, Partai Pengusaha Pekerja Indonesia, Partai Pemuda Indonesia, Partai Karya Perjuangan Bangsa, Partai Bintang Reformasi, Partai Kasih Demokrasi Indonesia, dan Partai Buruh.

Meski demikian, dikurangi partai yang mengalami dualisme masih tersisa 1.115.325 suara. "Dengan demikian sudah memenuhi syarat pencalonan," kata Gulo.

Syarat suara yang harus dipenuhi sesuai ketentuan 785.187 suara. Gus dan Soekirman mengenakan baju bercorak seperti batik berwarna oranye-putih-biru, yang mirip dengan seragam Bank Sumut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com