Kompas.com - 15/11/2012, 12:46 WIB
|
EditorFarid Assifa

BIREUEN, KOMPAS.com - Kendati tinggal di daerah berjuluk Serambi Mekkah, tak ada kegiatan khusus menyambut tahun baru Islam, 1 Muharram 1434 H di sejumlah kabupaten/kota di Aceh. Sejumlah kalangan menyesalkan hal itu, karena berbeda jauh dengan perayaan tahun baru masehi yang begitu hingar bingar.

Pantauan Kompas.com di Kabupaten Bireuen, Aceh Utara maupun Kota Lhokseumawe, perayaan memperingati tahun baru Islam tidak tampak hingga siang hari ini. Tidak hanya kegiatan resmi dari pemerintah daerah, berbagai perayaan sederhana lain dari masyarakat juga tidak tampak.

Kondisi ini mengecewakan banyak kalangan yang mengaku malu menjadi bagian dari masyarakat Aceh. “Kita dikenal kental dengan budaya islami, namun sedikitpun tidak ada perayaan untuk 1 Muharam, bertolak belakang jika tahun baru masehi yang dimeriahkan pesta kembang api, terompet hingga pesta pora hingga larut menunggu pergantian malam,” jelas T. Adlian, pemerhati sosial budaya.

Kata dia, antusias tahun baru masehi tak hanya disambut masyarakat, sejumlah pengusaha dan pengelola hotel di Aceh, berbondong-bondong menampilkan diskon besar-besaran untuk menyedot pengunjung merayakan tahun baru di hotel milik mereka.

Kondisi dimaksud tidak hanya mengubah tradisi bagi masyarakat Aceh, melainkan menjadi sarana pengenalan bagi generasi muda yang akhirnya terbiasa mengikuti jejak negatif tersebut. “Bagaimana tidak, jika sekarang saja remaja sudah menjadi wajib melewati malam tahun baru di tepi pantai, apalagi beberapa waktu ke depan. Sedangkan tahun baru Islam, sama sekali tidak familiar bagi mereka,” tukas pendidik di salah satu sekolah tinggi tersebut.

Informasi dihimpun menyebutkan, perayaan yang bakal digelar hanya sebatas ceramah agama dan perlombaan kalangan terbatas di ruang lingkup Pemkab Bireuen dan sekitarnya. Itupun jadwal pastinya belum jelas kapan pelaksanaannya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.