Kompas.com - 15/11/2012, 01:29 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

SURABAYA, KOMPAS.com - Ruwatan pada malam 1 Suro, Rabu (14/11/2012) malam, tidak hanya dilakukan terhadap manusia untuk tujuan tertentu. Taman Chandra Wilwatikta, Surabaya, Jawa Timur, juga akan diruwat. Tujuan ruwatan agar dapat difungsikan secara maksimal sebagai pusat wisata seni dan budaya Jawa Timur. Ruwatan Taman Chandra Wilwatikta dilakukan di Desa Sumber Gedang, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, pukul 03.00 WIB, Kamis (15/11/2012) dini hari, oleh sejumlah tokoh masyarakat dan pejabat Dinas Pariwisata Pemprov Jatim selaku pengelola.

''Setelah diruwat, kami berharap fungsi Taman Chandra Wilwatikta dapat maksimal dan lebih bermanfaat,'' kata penyelenggara ruwatan, Ansori, Rabu (13/11/2012) malam.

Seperti halnya prosesi ruwatan pada manusia, ruwatan pada Taman Chandra Wilwatikta, kata Ansori, juga melalui sejumlah prosesi seperti doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan penyiraman air bercampur bunga tujuh rupa di sejumlah titik.

''Ruwatan ini juga sebagai bentuk pelestarian kepada budaya Jawa yang dilakukan setiap malam 1 Suro,'' terangnya.

Sebelum acara ruwatan, di Taman Chandra Wilwatikta juga digelar pertunjukan wayang semalam suntuk dengan dalang Ki Sinarto. Wayangan kali ini mengangkat cerita ''Pendowo Joyo, Jumeneng Puntodewo''. Taman Chandra Wilwatikta resmi dikelola Pemprov Jatim sejak pertengahan Agustus 2011 lalu. Sebelumnya, taman yang berlokasi di jalur utama Tretes-Prigen itu dikelola yayasan yang bergerak di bidang konservasi sumber daya alam. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.