Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Buruh Blokade Jalan Diponegoro

Kompas.com - 14/11/2012, 17:36 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Ribuan buruh yang berunjukrasa di depan Gedung Sate, Bandung, Jalan Diponegoro, Bandung, Rabu, (14/11/2012), juga melakukan aksi blokade jalan tersebut. Aksi mereka dilakukan untuk menolak Undang-Undang No. 33 tahun 1992 tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) dan UU Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Dalam aksinya, mereka melakukan orasi tepat di depan Gedung Sate. Buruh lainnya, memarkirkan sepeda motornya di tengah-tengah Jalan Diponegoro, Bandung, Rabu, (14/11/2012). Hampir sepanjang Jalan Diponegoro, tumplek dengan parkiran sepeda motor pendemo.
 
"Ayo, simpan saja motornya di tengah-tengah jalan, tutup semua jalan," teriak salah seorang orator.

Akibatnya, para pengendara tidak bisa melewati Jalan Diponegoro. Ratusan polisi tampak berjaga-jaga di sekitar. Aparat polisi juga turut mengamankan arus lalu lintas di lokasi tersebut.

Sebelumnya diberitakan, lebih dari 3.000 buruh yang tergabung dari berbagai serikat pekerja, mengepung Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Rabu (14/11/2012).

Mereka datang berbondong-bondong dari berbagai kabupaten/kota di Jabar. Mereka tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) Jabar, K SPSI, SBSI, Gaspermindo, FPMI 98, dan GOBSI berunjuk rasa menolak Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan UU Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) No. 33 Tahun 1992.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com