Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gepeng di Kota Probolinggo Bandel-bandel

Kompas.com - 12/11/2012, 13:39 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Para gelandangan dan pengemis (gepeng) di Kota Probolinggo Jawa Timur, bandel-bandel. Setelah dirazia berkali-kali, mereka masih saja berkeliaran di sekitar kota.

Terbukti, dalam razia yang digelar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), sembilan gepeng terjaring. Gepeng tersebut dijaring di alun-alun, simpang empat Kecapan, Kelurahan Kebonsari Kulon, kawasan lampu lalu lintas di depan Batalion Zipur 10, dan depan hipermarket Giant. Diketahui, sejumlah gepeng bahkan ada yang sudah dijaring hingga 10 kali.

"Betul, ada yang sudah dirazia 10 kali," kata Kasi Operasi Satpol PP, Anshari, Minggu (11/11/2012). Pengguna jalan dan warga yang makan di PKL alun-alun mengaku resah. Bagaimana tidak, di lampu merah mereka kerap meminta uang setengah memaska. Demikian juga warga yang sedang makan dan minum di alun-alun, juga kerap dipaksa beri uang. "Jika tak diberi, mereka kadang ngomel dan terus memaksa," ujar Nurwahyudi, warga Ketapang.

Makanya, Nurwahyudi merespon positif razia Satpol PP terhadap gepeng. Namun, menurut Kusnadi, gepeng itu bisa diatasi bila diambil keluarganya. Yang merepotkan, sejumlah gepeng ada yang hidupnya sebatang kara. Mereka itulah yang kerap kembali ke jalanan meski beberapa kali dirazia.

Para gepeng itu, kata Anshari, diserahkan kepada Dinas Sosial (Dinsos). Oleh Dinsos mereka yang sebatang kara dikirim ke pusat rehabilitasi gepeng di Warungdowo, Kabupaten Pasuruan. Sementara sebagian, terutama yang gila, dibawa ke RSJ Sumberlawang, Malang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com