Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2012, 07:22 WIB
|
EditorCaroline Damanik

DEPOK, KOMPAS.com - Penyanyi Oppie Andaresta tetap konsisten mengampanyekan pola hidup ramah lingkungan sampai saat ini. Tak ada yang berubah kecuali keyakinan yang makin mantap bahwa kampanye akan lebih efektif jika dilakukan pada anak-anak.

Lagu masih menjadi senjata andalannya Namun, seiring dengan keyakinan yang makin mantap itu, pelantun tembang 'Cuma Khayalan' ini tak semata-mata hanya menciptakan dan menyanyikan lagu bertemakan lingkungan hidup. Oppie menciptakan lagu bertema lingkungan hidup khusus untuk anak-anak. Dia prihatin, lagu-lagu untuk anak langka ditemui pada saat ini.

"Saya lihat, kita tidak punya lagu anak. Akhirnya sejak jadi ibu, saya bikin lagu anak-anak dengan tema lingkungan. Artinya, sekali mengayuh, dua tiga pulau terlampaui. Jadi bikin lagu anak, tetapi temanya juga bermanfaat dan menyenangkan," ungkapnya kepada Kompas.com di sela tur di Semut-Semut Natural School, Kelapa Dua, Depok, Selasa (6/11/2012).

Dia mengaku bahwa hal ini awalnya menjadi tantangan tersendiri buatnya. Pasalnya, tren lagu anak kini berkembang dalam bentuk remake. Lagu-lagu lama dinyanyikan kembali, termasuk oleh orang-orang dewasa.

Oppie tak sepakat. Dia pun menciptakan lagu bertemakan ramah lingkungan untuk anak-anak. Dalam menyanyikan lagu-lagu ciptaannya dalam Tur Edukasi Bumiku Lestari ke 9 sekolah di Jabodetabek, 3-20 November mendatang, Oppie menggandeng sejumlah anak.

"Saya nyanyi dengan anak-anak. Jadi dalam tur ini, kita minta sejumlah anak dari sekolah yang dikunjungi untuk bernyanyi bersama saya. Kita kirim compact disc (CD) untuk mereka pelajari. Karena biasanya anak-anak bakal ikut menyanyi kalau ada teman-temannya yang menyanyi," tuturnya.

Lagu gembira menarik anak

Dalam CD yang dibagi-bagikan Oppie dan kru Tur Edukasi Bumiku Lestari secara gratis kepada siswa sekolah-sekolah yang dikunjungi, ada banyak lagu yang berisi beragam pesan untuk menjaga lingkungan. Rangkaian nada yang menarik untuk anak-anak berpadu dengan lirik yang sederhana menjadi kekuatan lagu-lagu Oppie.

"Jangan buang sampah sembarangan, bikin lingkungan kotor, dan tak sehat. Buang sampah di tempatnya kalau enggak mau rumah kamu kebanjiran," demikian sebait lirik dari salah satu tembangnya berjudul "Badu" yang didendangkannya di depan para siswa.

Perempuan berusia 39 tahun ini menyadari bahwa anak-anak akan lebih mudah diajari melalui buku dan lagu atau musik hingga kemudian bisa menjadi agen perubahan.

"Saya sebenarnya menganggap anak-anak ini sebagai agen perubahan yang potensial. Karena mindset mereka masih bisa dibentuk dibandingkan kita-kita yang orang tua. Maka, kalau dikasih tahu, mereka dengar. Kalau menurut mereka masuk akal dan baik, mereka jalani," katanya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.