Kompas.com - 05/11/2012, 17:11 WIB
|
EditorFarid Assifa

DENPASAR, KOMPAS.com - Delapan ekor burung Jalak Bali yang termasuk satwa langka, Senin (05/11/2012) siang tadi dilepas ke alam bebas sebagai salah satu upaya meningkatkan populasi yang kini terus menurun.

Pelepasan satwa yang dilindungi ini dilakukan di Green School, Sibang Kaja, Badung, Bali di depan ratusan murid yang sebagian besar warga ekspatriat.

Burung Jalak Bali yang dilepas ini berasal dari penangkaran Sibang dengan rata-rata usia di atas 5 bulan dan telah dapat mencari makan sendiri serta mampu berkembang biak.

Pelepasan Jalak Bali di luar habitat aslinya ini merupakan yang pertama kali dilakukan. "Habitas asli di Taman Nasional Bali Barat, kemudian kita pernah melepas di Nusa Penida karena mirip Taman Nasional, ini pertama kali dilepas di luar habitat," ujar Ketut Catur Marbawa, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Bali usai pelepasan burung.

Begawan Foundation yang memfasilitasi pelepasan ini telah berkoordinasi dengan 7 banjar di lingkungan setempat untuk sama-sama menjaga dan melindungi Jalak Bali yang mulai hari ini terbang bebas di sekitar lingkungan mereka.

"Harapan kami masyarakat di sini ikut menjaga aset bersama. Jalak Bali milik masyarakat Bali, dan merupakan maskot Bali," imbuh Catur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.