Mahasiswa Hilang Ditemukan di Jurang Semeru

Kompas.com - 01/11/2012, 20:42 WIB
|
EditorFarid Assifa

MALANG, KOMPAS.com - Setelah tiga hari menghilang saat mendaki di gunung Semeru, Muhammad Firas Awaludin Iqbal (19), mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Jawa Timur, berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. Iqbal berhasil ditemukan oleh Tim SAR pada Kamis (1/10/2012) pada pukul 17.00 WIB.

"Syukur sudah ditemukan dalam kondisi selamat," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Ayu Dewi Utari, saat dihubungi via telepon, Kamis (1/11/2012) malam.

Menurut Ayu, tim gabungan berhasil menemukan korban tidak jauh dari jejak sepatu dan kaos tangan yang ditemukan di kawasan Blank 75. "Iqbal ditemukan dekat jejak yang ditemukan. Untungnya ia tak jauh dari jejak yang ditemukan tim gabungan," katanya.

Saat ini, kata Ayu, Iqbal bersama tim gabungan masih berada di Pos Kalimati. "Rencananya, korban akan diantar turun besok hari. Sekarang masih diperiksa kondisinya. Karena sudah tiga hari tidak makan," katanya.

Tim gabungan yang diturunkan mencari Iqbal sebanyak 50 orang. Tim tersebut berhasil menemukan jejak sepatu dan kaos tangan di kawasan Blank 75 atau sekitar 2 kilometer dari puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

"Blank 75 itu adalah jurang yang berkedalaman 75 meter, yang berada di sisi kanan Cemoro Tunggal. Lokasinya berada sekitar 2 kilometer dari puncak gunung Semeru.

Diberitakan sebelumnya, Iqbal, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Unibraw Malang Iqbal dikabarkan hilang setelah mendaki ke gunung Semeru bersama 19 mahasiswa lainnya. Saat akan turun, warga Dusun Demang Jaya RT 04 RW01, Desa Krebet, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang itu tidak ada. Hilangnya Iqbal langsung dilaporkan ke pos pantau.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X