Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

60 Persen Kebun Sawit di Kalbar Dikuasai Malaysia

Kompas.com - 30/10/2012, 12:41 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com — Luas perkebunan kelapa sawit pada 2012 di Kalimantan Barat yang sudah berproduksi diperkirakan sudah menembus 900.000 hektar. Sekitar 60 persen perkebunan kelapa sawit skala besar itu dimiliki perusahaan asal Malaysia.    

Kepala Badan Penanaman Modal Daerah Kalimantan Barat Sri Jumiadatin, Selasa (30/10/2012), mengatakan, hasil produksi berupa minyak kelapa sawit mentah juga diolah di Malaysia.

"Sayangnya lagi, ekspor CPO dari Kalbar ke Malaysia itu tidak tercatat sebagai ekspor CPO asal Kalbar karena dilakukan melalui pelabuhan lain seperti Belawan, Medan, atau Tanjung Priok, Jakarta," ujar Sri.

Tahun 2013, kata Sri, pelabuhan darat di Entikong, Kabupaten Sanggau, kemungkinan besar sudah bisa beroperasi. Dengan demikian, ekspor CPO dari Kalbar ke pabrik pengolahan di Sarawak, Malaysia, bisa dilakukan melalui pelabuhan darat itu.

Jika dilakukan melalui Kalbar, pajak ekspor akan diperhitungkan sebagai kontribusi Kalbar yang akhirnya akan memengaruhi besarnya dana alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ke Kalbar.

Pada 2012 ini produksi CPO asal Kalbar sudah mencapai 1,3 juta ton. Padahal, tahun 2010 produksinya belum menyentuh 1 juta ton.

Menurut Sri, pihaknya terus berupaya melobi sejumlah pihak untuk membuat industri pengolahan CPO di Kalbar supaya bisa menambah nilai ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com