Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Aparat Ungkap Penimbunan BBM

Kompas.com - 30/10/2012, 12:25 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com — Jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Barat kembali mengungkap penimbunan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Penimbunan menjadi salah satu penyebab kelangkaan BBM bersubsidi, terutama jenis solar di Kalimantan Barat.     

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Ajun Komisaris Besar Mukson Munandar, Selasa (30/10/2012), menuturkan, pengungkapan dilakukan Kepolisian Resor Kapuas Hulu. "Polisi menyita 8,64 ton BBM jenis solar dan premium dari dua pemilik. Kedua pemilik masih dimintai keterangan oleh polisi," ujar Mukson.     

Kedua pemilik BBM itu, masing-masing Abay dan Edy, menyimpan BBM subsidi dalam drum. Kasus itu terungkap saat polisi memeriksa mobil pikap berisi drum BBM milik Abay di Kecamatan Kalis. Dari pengakuan Abay, BBM dibeli dari Abay di Boyan Tanjung.

Polisi lalu mendatangi tempat penimbunan BBM subsidi milik Abay di Boyan Tanjung dan mendapati sekitar 30 drum solar yang masing-masing berisi 240 liter.

Mukson menjelaskan, jika kedua pemilik itu terbukti menyimpan BBM bersubsidi tanpa dokumen yang sah, mereka akan dijerat menggunakan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com