Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Perbaikan Kampung Harus Bertahap

Kompas.com - 29/10/2012, 10:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi mengatakan, perbaikan kampung-kampung di Jakarta tidak dapat dilakukan dalam satu proses sekaligus, tetapi harus secara bertahap.

"Semuanya (perbaikan kampung) harus dikerjakan berdasarkan perencanaan, tahap demi tahap, tidak bisa sekaligus. Jadi, memang masih butuh proses panjang," katanya di Balaikota, Jakarta, Minggu (28/10/2012).

Terkait masalah perbaikan kampung, menurut Jokowi, ada tiga tahap yang harus dilaksanakan, antara lain, community mapping, community planning, dan eksekusi.

"Tahap pertama, yaitu community mapping, maksudnya adalah pemetaan masalah yang dimulai dari masyarakat, misalnya, mulai dari Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW)," ujarnya.

Setelah itu, lanjut Jokowi, tahap kedua, yakni community planning yang berarti mengadakan diskusi bersama masyarakat sehingga dapat saling bertukar pikiran dan menemukan solusi yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

"Tahap terakhir, yaitu realisasi atau pelaksanaan, karena solusi juga sudah ada. Jadi, tidak ada lagi yang ditunggu. Langsung eksekusi saja," tutur Jokowi.

Dia menuturkan, jenis eksekusi yang akan diterapkan di setiap wilayah berbeda-beda, ada kampung deret, kampung susun, super kampung, atau hanya penataan kampung.

Akan tetapi, katanya menambahkan, jenis eksekusi tersebut baru dapat ditentukan setelah melihat kondisi lapangan secara langsung. Oleh karena itu, dia menilai penguasaan medan lapangan itu penting dilakukan sebelum membuat keputusan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com