Kompas.com - 17/10/2012, 10:46 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Kawanan sapi dan kambing berkeliaran bebas di tengah pemukiman penduduk dan sejumlah ruas jalan raya di kota Polewali Mandar, Sulawesi Barat sejak tiga pekan terakhir. Kondisi ini meresahkan warga setempat, dan juga mengancam keselamatan para pengguna jalan. Pasalnya, hewan-hewan ini kerap memotong jalan yang padat kendaraan secara tiba-tiba.

Selain itu, kawanan sapi dan kambing yang menyerbu masuk ke kawasan permukiman penduduk menjadi masalah tersendiri. Hewan-hewan ini membuang kotoran di sembarang tempat, dan juga membongkar tempat-tempat sampah, bahkan masuk ke dalam rumah penduduk.

Pemerintah setempat kerap mengeluarkan seruan melalui pengeras suara di masjid, agar para pemilik ternak memperhatikan hewan-hewan peliharaan mereka. Namun imbauan dan bahkan larangan itu seakan tak didengarkan oleh pemilik ternak. Sapi dan kambing tetap saja berkeliaran bebas.

Salah satu lokasi yang kerap menjadi tempat mangkal sapi dan kambing, seperti yang terlihat Selasa (16/10/2012) kemarin adalah di Jalan Andi Depu, persis di depan Kantor DPRD dan kantor pemerintahan desa di Polewali Mandar. Lemahnya penanganan pemda dan Satpol PP dalam menertibkan kawanan ternak sapi dan kambing yang dilepas membuat pemilik ternak tetap melepas peliharaannya secara sembarangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.