Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rokatenda Waspada, Warga Mengungsi

Kompas.com - 12/10/2012, 03:35 WIB

Maumere, Kompas - Aktivitas Gunung Api Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, meningkat. Kawah gunung, 875 meter di atas permukaan laut, mengeluarkan api dan abu vulkanik sejak Senin malam. Warga dianjurkan mengungsi.

”Kami anjurkan warga, lanjut usia dan anak-anak, yang tinggal dekat dengan kawah gunung supaya diungsikan ke rumah warga lain yang lebih aman,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sikka Silvanus Tibo, Kamis (11/10).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi telah menaikkan status Gunung Rokatenda dari Normal (Level I) ke Waspada (Level II), Senin, pukul 23.30.

Menurut Silvanus, dari informasi petugas pos pengamatan Gunung Rokatenda, aktivitas gunung ini meningkat antara 1-5 Oktober 2012 hingga terpantau terjadi 31 gempa vulkanik A. Meski demikian, aktivitas hingga Kamis menurun.

”Pada 9 Oktober 2012, gempa vulkanik hanya terjadi tiga kali. Namun, warga tetap diminta waspada,” kata Silvanus.

Sementara itu, Sekretaris Camat Palue, Marthen Luther Adji, mengemukakan, semburan api dilihat oleh nelayan yang mencari ikan di perairan Palue-Ropa.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Rokatenda Fransiskus Senda Wangge mengingatkan agar warga tidak panik. Tidak ada peningkatan aktivitas yang bisa membahayakan masyarakat yang tinggal di sekitar gunung.

”Pijaran api dan abu vulkanik terakhir kali terjadi 9 Oktober. Itu pun tidak perlu membuat warga panik karena abunya sangat tipis,” katanya. (SEM/CHE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com