Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Minta Turki Jelaskan Penahanan Pesawat Suriah

Kompas.com - 11/10/2012, 10:23 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com Rusia menuntut Turki menjelaskan alasan penahanan jet penumpang Suriah. Di dalam pesawat itu ada 17 warga Rusia, kata seorang diplomat Rusia kepada Itar-Tass, Kamis (11/10/2012).

Menurut laporan-laporan sebelumnya, jet Syrian Airlines sedang dalam perjalanan dari Moskwa menuju Damaskus ketika otoritas Turki memaksa pesawat itu untuk mendarat di Turki karena ada kecurigaan pesawat itu membawa senjata.

"Kedutaan Besar Rusia di Ankara segera menghubungi Kementerian Luar Negeri Turki dan menuntut Kemlu menjelaskan kejadian sebenarnya. Kedutaan juga meminta akses bagi warga Rusia yang berada di dalam pesawat Suriah, yang melakukan penerbangan reguler ke Damaskus dari Moskwa. Menurut informasi awal karena harus diperiksa, 17 warga Rusia, termasuk anak-anak, berada di dalam pesawat tersebut. Konsul Rusia pergi ke bandara untuk menemui warga Rusia itu guna memastikan keselamatan mereka dan melindungi hak-hak asasi serta kebebasan," kata diplomat itu.

Menteri Luar Negeri Turki, Ahmet Davutoglu, mengatakan, ia percaya bahwa insiden itu tidak berdampak serius pada hubungan Turki-Rusia. "Kami tegas siap untuk mengontrol pasokan senjata kepada rezim yang membunuh penduduk sipil. Kami datang melawan penggunaan wilayah udara kami untuk tujuan tersebut," kata Davutoglu kepada televisi setempat, Kamis. Dia menyatakan, Turki akan mencegah pasokan senjata kepada Pemerintah Suriah melalui wilayah udara Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com