Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Yogya Padati Pagelaran Keraton Yogyakarta

Kompas.com - 10/10/2012, 10:01 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Masyarakat Yogyakarta memenuhi Pagelaran Keraton Yogyakarta untuk menyaksikan pelantikan Sultan Hamengku Buwono X dan Paku Alam IX sebagai Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY, Rabu (10/10/2012) pagi.

Dua layar lebar, hiburan musik, dan jajanan pasar disiapkan untuk menyambut antusiasme masyarakat. Acara yang bertema "Mangayubagya Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY" itu dibuka untuk semua masyarakat Yogyakarta sebagai bentuk syukur. "Saya ingin menjadi saksi sejarah pelantikan gubernur dan wakil gubernur DIY. Karena itu, saya jauh-jauh dari Wukir Sari, Sleman, datang ke Pagelaran," ujar Rudi, salah satu warga.

Seperti yang diberitakan, untuk pertama kalinya dalam sejarah pemerintahan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono langsung melantik seorang kepala daerah. Hal itu akan terjadi hari ini, Rabu (10/10/2012), di Yogyakarta, saat Sultan Hamengku Buwono X dilantik menjadi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. "Ya, istimewa karena beliau belum pernah melantik gubernur," kata Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi di Gedung Agung Yogyakarta, di Yogyakarta, pagi ini.

Sudi mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012, gubernur dan wakil gubernur DIY akan dilantik oleh Presiden yang apabila berhalangan dapat diwakilkan kepada Wakil Presiden atau Menteri Dalam Negeri. Mensesneg berharap, dengan disahkannya UU Keistimewaan DIY, program-program yang telah dibuat sebelumnya dapat berjalan lebih baik. "Solusi sudah tercapai. UU Keistimewaan Yogyakarta sudah disahkan, sekarang ya ke depan, dari sini ke depan bagaimana sebaik-baiknya," katanya.

Saat ditanya mengenai alasan pelantikan yang digelar di Istana Presiden Gedung Agung dan bukan di Keraton Yogyakarta sebagaimana permintaan beberapa pihak, Sudi mengatakan, penggunaan tempat lain merupakan pemborosan yang tidak perlu. "Pemerintah mempunyai istana di sini, punya Gedung Agung di sini, kenapa mesti mencari-cari tempat," kilah Sudi.

Sultan Hamengku Buwono X dan Paku Alam IX dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY pada pukul 09.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com