Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultan Dilantik, Jalan Malioboro Ditutup

Kompas.com - 10/10/2012, 09:53 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Jalur menuju Jalan Malioboro Yogyakarta ditutup, tepatnya di sisi barat videotron. Penutupan ini menyusul mulai padatnya arus kendaraan, sementara pelantikan Sultan Hamengku Buwono X dan Paku Alam IX di Gedung Agung, Rabu (10/10/2012) pagi, sedang berlangsung.

Pengendara yang hendak menuju Malioboro otomatis dialihkan menuju Jalan Pasar Kembang. Namun, beberapa pengendara sepeda motor masuk Jalan Malioboro melalui celah pagar yang dibuat petugas.

Saat berita ini diturunkan, proses pelantikan gubernur-wakil gubernur DIY sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY tengah berlangsung dan dipimpin langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Pelantikan ini menjadi yang pertama kali untuk presiden karena undang-undangnya menyebut demikian, sedangkan untuk gubernur-wakil gubernur lainnya yang melantik menteri dalam negeri atas nama presiden," papar Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, di Gedung Agung, Yogyakarta.

Pelantikan Sultan Hamengku Buwono X dan Paku Alam IX sebagai kepala daerah DIY dimulai pukul 09.00. Agenda utamanya adalah pembacaan Keputusan Presiden Nomor 87/P/2012 tertanggal 3 Oktober 2012 tentang Pengangkatan Kepala Daerah DIY periode 2012-2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com