Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tas-tas Milik Calon Haji Diperiksa Kemenag

Kompas.com - 09/10/2012, 22:04 WIB

MADIUN, KOMPAS.com - Petugas gabungan dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) dan Bagian Kesejahteraan Pemerintah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, memeriksa ratusan tas milik calon haji yang akan dikirim ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

"Pemeriksaan ini untuk mengingatkan kepada para calon haji agar tidak membawa barang di luar ketentuan yang diberlakukan oleh Panitian Penyelenggara Ibadah Haji (PPHI) Embarkasi Surabaya," ujar staf Bagian Kesejahteraan Kabupaten Madiun Mochammad Arifin saat melakukan pemeriksaan tas di Gedung Serba Guna Kabupaten Madiun, Selasa (9/10/2012).

Satu per satu dari sebanyak 350 tas milik calon haji setempat diperiksa dengan teliti sebelum dinaikkan ke truk pengangkut barang menuju Surabaya.

Sesuai aturan, barang bawaan calon haji ditetapkan, untuk barang yang masuk di bagasi dibatasi maksimal 32 Kilogram, tas bawaan seberat lima kilogram, dan tas pinggang yang berisi kartu identitas diri dibawa oleh calon haji bersangkutan.

Arifin menjelaskan, setelah diperiksa, tas-tas tersebut langsung dikirim ke Asrama Haji Surabaya. Pengiriman tas tersebut sengaja mendahului keberangkatan para calon haji karena untuk alasan kemudahan.

"Pengiriman tas ini supaya saat pemberangkatan para calon haji tidak repot. Pengiriman tas dilakukan dengan armada truk yang telah disediakan oleh panitia. Masing-masing tas sudah ada tanda identitas pemiliknya," tambah Arifin.

Sementara, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Madiun Taw’wabin, mengatakan, para calon haji asal Kabupaten Madiun berangkat ke Asrama Haji Surabaya sekita pukul 20.00 WIB. Adapun, keberangkatan ke Tanah Suci akan dilakukan besok Rabu (10/10/2012).

"Jumlah calon haji yang berangkat tahun ini mencapai 350 orang. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari kuota awal akibat adanya kuota tambahan dan faktor lainnya," kata Taw’wabin.

Dari jumlah tersebut, diketahui sebanyak 50 persen calon haji telah berusia di atas 50 tahun. Nantinya, panitia setempat akan menyediakan dokter dan kru paramedis untuk melayani kebutuhan kesehatan para calon haji.

Pemberangkatan calon haji Kabupaten Madiun 2012 akan dilakukan di Pendapa Muda Graha Kabupaten Madiun dan dilepas langsung oleh Bupati Madiun Muhtarom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com