Kompas.com - 09/10/2012, 22:04 WIB
EditorBenny N Joewono

MADIUN, KOMPAS.com - Petugas gabungan dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) dan Bagian Kesejahteraan Pemerintah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, memeriksa ratusan tas milik calon haji yang akan dikirim ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

"Pemeriksaan ini untuk mengingatkan kepada para calon haji agar tidak membawa barang di luar ketentuan yang diberlakukan oleh Panitian Penyelenggara Ibadah Haji (PPHI) Embarkasi Surabaya," ujar staf Bagian Kesejahteraan Kabupaten Madiun Mochammad Arifin saat melakukan pemeriksaan tas di Gedung Serba Guna Kabupaten Madiun, Selasa (9/10/2012).

Satu per satu dari sebanyak 350 tas milik calon haji setempat diperiksa dengan teliti sebelum dinaikkan ke truk pengangkut barang menuju Surabaya.

Sesuai aturan, barang bawaan calon haji ditetapkan, untuk barang yang masuk di bagasi dibatasi maksimal 32 Kilogram, tas bawaan seberat lima kilogram, dan tas pinggang yang berisi kartu identitas diri dibawa oleh calon haji bersangkutan.

Arifin menjelaskan, setelah diperiksa, tas-tas tersebut langsung dikirim ke Asrama Haji Surabaya. Pengiriman tas tersebut sengaja mendahului keberangkatan para calon haji karena untuk alasan kemudahan.

"Pengiriman tas ini supaya saat pemberangkatan para calon haji tidak repot. Pengiriman tas dilakukan dengan armada truk yang telah disediakan oleh panitia. Masing-masing tas sudah ada tanda identitas pemiliknya," tambah Arifin.

Sementara, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Madiun Taw’wabin, mengatakan, para calon haji asal Kabupaten Madiun berangkat ke Asrama Haji Surabaya sekita pukul 20.00 WIB. Adapun, keberangkatan ke Tanah Suci akan dilakukan besok Rabu (10/10/2012).

"Jumlah calon haji yang berangkat tahun ini mencapai 350 orang. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari kuota awal akibat adanya kuota tambahan dan faktor lainnya," kata Taw’wabin.

Dari jumlah tersebut, diketahui sebanyak 50 persen calon haji telah berusia di atas 50 tahun. Nantinya, panitia setempat akan menyediakan dokter dan kru paramedis untuk melayani kebutuhan kesehatan para calon haji.

Pemberangkatan calon haji Kabupaten Madiun 2012 akan dilakukan di Pendapa Muda Graha Kabupaten Madiun dan dilepas langsung oleh Bupati Madiun Muhtarom.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.