Kompas.com - 05/10/2012, 10:00 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com – Isu keamanan memang selalu menjadi bayang-bayang Kota Jayapura, Provinsi Papua. Walau begitu, sebagai salah satu kota yang berkembang pesat dan modern di Pulau Papua, kota ini kerap didatangi oleh pelancong bisnis.

Urusan bisnis sampai pendidikan menjadikan Jayapura sebuah daerah kunjungan baik pelancong asing maupun domestik.  Jayapura juga telah memiliki beberapa hotel berbintang. Dua di antaranya dimiliki jaringan hotel internasional.

Pilihan penginapan di Jayapura pun sangat beragam, mulai dari kelas melati hingga hotel berbintang. Beberapa yang terkenal adalah Hotel Yasmin, Hotel Matoa, Aston Hotel, sampai Swiss-Belhotel.

Sedangkan transportasi keliling kota Jayapura bisa menggunakan transportasi umum. Pilihan ternyaman adalah sewa mobil dengan sopir di kisaran harga Rp 400.000 per hari tetapi tidak termasuk bensin.

Oleh karena itu, jika Anda berkesempatan mampir ke Jayapura karena urusan pekerjaan, jangan menghabiskan waktu kosong hanya dengan berdiam diri di hotel. Cobalah pelesir keliling Kota Jayapura dan sekitarnya. Sebab, Jayapura juga menyimpan potensi menarik sebagai tempat wisata.

Jumat malam. Anda pastilah sudah mendapatkan kesempatan untuk berpelesir. Tak perlu paksakan diri berwisata. Cukup cari makan malam di luar hotel. Pilihan untuk makan malam tentu saja aneka hidangan seafood.

Kuliner di Jayapura lekat dengan aneka kuliner laut. Salah satu yang tenar adalah Rumah Makan Maros di Kompleks Ruko Pasifik Permai, Jayapura. Pilih ikan bakar dengan dicocol ke sambal woku. Sedap!

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika malam belum terlalu larut atau sebelum pergi makan malam, sempatkan mampir ke toko cinderamata. Salah satu daftar belanja wajib tentu saja batik Papua. Toko tempat menjual batik Papua, salah satunya adalah Aneka Batik yang berada di Jalan Percetakan I.

Lalu lanjutkan berburu oleh-oleh di Pasar Hamadi. Di sana, Anda harus membeli koteka dan noken. Jangan lupa membeli gantungan kunci yang banyak ataupun gelang untuk oleh-oleh. Oleh-oleh lain yang unik adalah lukisan kulit kayu, asbak, dan patung  komoro.

Sabtu. Jam 9 pagi, langsung arahkan perjalanan ke Museum Provinsi Papua. Di museum ini, Anda akan mendapatkan banyak informasi mengenai suku-suku yang ada di tanah Papua, baik dari sisi budaya maupun sejarah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X