Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barang Bawaan Jemaah Haji Dibatasi 32 Kilogram

Kompas.com - 04/10/2012, 18:49 WIB

KENDARI, KOMPAS.com - Barang bawaan para jemaah haji menuju Tanah Suci Mekkah berlaku secara nasional, hanya dibatasi tidak lebih dari 32 kilogram.

"Pembatasan barang jemaah haji itu berlaku baik saat pemberangkatan menuju Mekkah, muapun saat mereka akan pulang ke tanah air setelah menunaikan rukun Islam kelima itu," kata Kepala Bidang Urusan Haji dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Sultra, H Thamrin disela-sela pemberangkatan pertama calon jemah haji Kota Kendari yang dilepas Gubernur Sultra, Nur Alam di Asrama haji Lepo-Lepo Kendari, Kamis (4/10/2012).

Menurut Thamrin, batasan barang-barang bawaan seluruh calon jemaah itu, berdasarkan keputusan yang dikeluarkan antara pemerintah Arab Saudi dan Indonesia terkait keselamatan dan kenyamanan saat berangkat maupun pulang para jemaah haji.

"Bila pada pemeriksaan barang bawaan itu ada yang melebihi batas ketentuan itu, maka kelebihan itu dianggap sebagai barang tercecer yang hanya bisa dititip di bandara Internasional Embarkasi Makassar saat berangkat, dan banadara Internasional King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi.

Oleh karena itu, jauh-jauh hari bagi seluruh calon jemaah haji di Sultra yang jumlahnya tahun 2012 ini sebanyak 1.681 orang sudah diberitahu untuk tidak membawa barang bawaan yang melebihi batas ketentuan.

Thamrin menambahkan, jumlah calon jemaah haji Sultra sebelumnya sebanyak 1.692 orang, namun setelah melalui proses hingga saat menjelang pemberangkatan sisa berjumlah 1.681 jemaah, dan yang dinyatakan batal berangkat 11 orang jemaah.

Dari 11 calon jemaah yang dinyatakan batal dan tidak bergabung dalam kuota penerbangan dari dan ke Kendari menuju Embarkasi Makassar terdiri dari 8 orang sakit dan ada yang sudah meninggal dunia dan 3 oranag jemaah dimutasi ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Terkait lama ibadah dan perjalanan para jemaah haji di Tanah Suci, Thamrin mengatakan, kebiasan selama ini seluruh jemaah haji umum (reguler) itu antara 43-45 hari lamaanya.

"Insya Allah, billa Allah mengizinkan, jemaah haji yang berangkat pada hari ini, atau yang tergabung dalam kloter 24 Embarkasi Makassar akan tiba kembali di tanah air antara 16 - 17 November 2012," katanya.

Jemaah haji Sultra 2012 tergabung dalam lima kloter penerbangan (24, 25, 26, 27 dan kloter 28), setiap kloter penerbangan sebanya antara 370-380 jemaah haji atau sama dengan tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com