Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota Calhaj Morotai Minim, Hanya 21 Orang

Kompas.com - 01/10/2012, 14:22 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Kuota Calon Jamaah Haji (CJH) untuk Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara tahun ini masih dinilai terlalu sedikit. Wakil Bupati Pulau Morotai, Wenny R Paraisu menggunakan indikator jumlah penduduk Kabupaten Pulau Morotai yang didominasi umat muslim.

Hal ini disampaikan Wenny R Paraisu saat melepaskan 21 calon jamaah haji (calhaj) dari Kabupaten Pulau Morotai di halaman kantor bupati, Senin (1/10/2012). Wenny mengatakan, jatah calon jamaah haji Kabupaten Pulau Morotai tahun ini sesuai dengan keputusan Gubernur Maluku Utara nomor : 205/KPTS/MU2012 tentang kuota jamaah calon haji kabupaten/kota se Provinsi Maluku Utara di musim haji tahun 1433 H/2012 M, berjumlah 21 orang.

"Jumlah ini sangat sedikit bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Morotai yang beragama Islam," tutur Wenny saat memberikan sambutan.

Sayangnya, Wenny tidak merinci angka-angka tentang jumlah penduduk muslim di Pulau Morotai atas perbandingannya terhadap kuota calon jamaah haji untuk Kabupaten Pulau Morotai.

Pemkab Morotai, lanjut Wenny, berupaya meningkatkan kuota calon jamaah haji untuk Kabupaten Pulau Morotai pada tahun-tahun berikutnya. Sebab di Morotai, banyak umat muslim yang berkeinginan menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

"Minimal untuk tahun depan jumlah calon jamaah haji untuk Pulau Morotai antara 40-50-an orang. Dan yang terpenting lagi adalah segera dibentuknya Kementerian Agama di Kabupaten Pulau Morotai," cetus Wenny Praisu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com