Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghitungan Suara di Jaktim Ada di Tingkat Kelurahan

Kompas.com - 22/09/2012, 17:55 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses rekapitulasi penghitungan hasil pencoblosan di wilayah Jakarta Timur, saat ini tengah berada di tingkat kelurahan. Ditargetkan jumlah data yang akan masuk dari tiap kelurahan tersebut, akan dikirim pada tingkat kecamatan pada Senin (24/9/2012).

"Tingkat kelurahan sudah dilakukan sejak hari Jumat (21/9/2012) kemarin, kalau yang di kelurahan ditargetkan harus selesai pada hari Minggu (23/9/2012) besok," kata Chairil Anwar, Ketua KPUD Jakarta Timur, saat dihubungi wartawan, Sabtu (22/9/2012).

Lebih lanjut Chairil menjelaskan, proses penghitungan masih terus dilakukan. Pada hari Senin nanti, proses penghitungan akan berlanjut pada tingkat Kecamatan. "Saat ini di beberapa kecamatan sudah ada, untuk menyelesaikan tingkat kelurahannya. Tapi juga ada yang belum menyelesaikan tingkat kelurahan dalam arti dalam pengisian berita acara sedang dipilah-pilah dan dikroscek apakah ada kesalahan atau tidak," ujar Chairil.

Ketika ditanya mengenai jumlah pasti data yang sudah masuk, Chairil menjelaskan untuk saat ini dia belum bisa memberikan data pasti. Pasalnya, masih menunggu data yang lebih valid yang berasal dari dalam kotak suara langsung, bukan berpatokan dari data lapangan. Menurut dia, data tersebut dapat diperoleh nanti pada hari Rabu (26/9/2012). Pada hari itu, proses penghitungan rencananya akan dimulai oleh KPUD Jakarta Timur.

"Kami berencana mulainya nanti hari Rabu. Itu yang lebih resmi, lebih jelas, lebih real, siapa yang memenangkan pemilihan. Hari Rabu itu mungkin bisa kami sampaikan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com