Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Janji Kedepankan Kepentingan Rakyat

Kompas.com - 22/09/2012, 14:29 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur DKI Jakarta Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama yang unggul dalam hasil penghitungan cepat di beberapa lembaga survei pada Pilkada DKI Jakarta putaran kedua berjanji selalu mengutamakan kepentingan rakyat Jakarta dibanding kepentingan partai politik di belakang mereka, yakniPartai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

"Menjaga kepercayaan masyarakat Jakarta yang sudah memilih saya dan Pak Jokowi ini dengan tidak mementingkan kepentingan pribadi maupun kepentingan partai politik di belakang kami, semuanya melalui transaparansi anggaran. Saya yakin masyarakat Jakarta sudah pintar semua," kata Basuki di Warung Daun, Jakarta, Sabtu, (22/9/2012).

Sementara itu, psikolog politik dari Universitas Indonesia, Hamdi Muluk, mengatakan, semua permasalahan Jakarta akan mudah diselesaikan apabila pemimpinnya mementingkan kepentingan rakyat.

"Asalkan ada kemauan dengan sungguh-sungguh dengan mengutamakan kepentingan publik di atas kepentingan lainnya, mengurus Jakarta saya rasa jadi lebih mudah," kata Hamdi Muluk.

Dikatakan oleh Hamdi, sosok Jokowi sosok yang menekankan partisipasi publik. "Ia berhasil dengan keterbatasan dana, namun ia lewati semua itu berkat partisipasi publik," kata Hamdi.

Ia mengatakan, partisipasi publik memungkinkannya membangun Jakarta lebih baik lagi. "Partisipasi publik harus lebih digiatkan oleh Jokowi-Basuki sehingga pembangunan diselesaikan bersama-sama. Rangkul para Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), publik, media," kata Hamdi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com