Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari Gunung Lokon Meletus Dua Kali

Kompas.com - 21/09/2012, 17:16 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Dalam sehari, Jumat (21/9/2012) Gunung Lokon meletus dua kali, yakni pada pagi hari pukul 10.20 Wita dan pukul 17.10 Wita. 

Abu vulkanik yang membumbung tinggi terlihat sangat jelas dari arah Manado. Angin yang bertiup ke arah Manado akan membuat Kota Manado akan dihujani abu Lokon. "Harus segera beli masker, setelah tadi pagi abu sudah turun, pasti malam ini akan bertambah banyak," ujar Denny Taroreh, warga Manado.

Dari laporan warga yang ada di kaki Gunung Lokon, kini abu yang dimuntahkan Lokon menghujani Desa Kinilow dan Kakaskasen. "Orang-orang keluar rumah mendengar Lokon meletus. Dan sekarang Kinilow hujan abu," ujar Merry Christy yang rumahnya berada dekat dengan Lokon.

Sebelumnya, warga telah diimbau untuk menjauhi radius 2,5 kilometer dari kawah Tompaluan karena aktivitas Lokon yang sangat intens. Abu Lokon yang membumbung tinggi pada letusan kali ini, juga terlihat dari arah Bitung. Dalam sepekan ini Lokon sudah beberapa kali meletus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com