Letusan Gunung Lokon Getarkan Rumah Warga

Kompas.com - 20/09/2012, 12:50 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

MANADO, KOMPAS.com — Letusan Gunung Lokon di Kota Tomohon, Rabu (19/9/2-12) sekitar pukul 23.01 Wita, menggetarkan rumah warga yang berada dalam radius lima kilometer. Sejumlah warga mengaku sempat terjaga mendengar dentuman.

Ricky Pitoy, yang tinggal di Woloan, Kota Tomohon, menyebut, tiang rumah bergoyang dan kaca-kaca bergetar ketika Lokon meletus pada Rabu malam. "Kami yang tidur terbangun merasa goyangan Lokon," kata Ricky.

Letusan dari Gunung Lokon di tengah malam yang mengeluarkan bunyi dentuman kuat sempat membuat warga panik. Menurut Renata, warga Kakaskasen, warga ramai-ramai keluar rumah saat mendengar bunyi letusan.

Meski demikian, letusan Lokon tidak sempat merusak ataupun merobohkan bangunan warga. Letusan Lokon pada Rabu malam melontarkan material vulkanik hingga 1.500 meter dari kawah Tompaluan.

Farid Ruskanda, petugas pengamat gunung api Lokon dan Mahawu, mengatakan, sebelum meletus, aktivitas vulkanik Gunung Lokon terus meningkat ditandai dengan terekamnya gempa bumi vulkanik dalam dan dangkal sejak pukul 18.00 Wita.

Baca tentang


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X