Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta Diminta Singgah di Uma Lengge Bima

Kompas.com - 20/09/2012, 06:33 WIB
Khaerul Anwar

Penulis

BIMA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Bima, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, meminta agar peserta Jelajah Sepeda Kompas Bali-Komodo 2012, singgah sejenak di Kompleks Uma Lengge atau lumbung kolektif warga Desa Maria, Kecamatan Wawo. Di lokasi lumbung ini peserta akan disuguhi ritual ampa fare atau tradisi menyimpan padi ke lumbung.

"Jelajah sepeda ini punya misi kepariwisataan. Karenanya kami memanfaatkan momentum ini untuk memperkenalkan salah satu keragaman tradisi di Nusantara ini," ujar H Murdin, Kepala Dinas Pariwisata Bima, Kamis (20/9/2012) pagi di Raba, Ibu Kota Bima.

Peserta Jelajah Sepeda Kompas Bali-Komodo hari ini berangkat dari Desa Alas menuju Desa Pidang, setelah menginap masing-masing semalam di dua desa Kabupaten Sumbawa itu. Mereka tiba di Kota Bima, Sabtu (22/9/2012) nanti.

Dari Kota Bima, peserta menuju Pelabuhan Sape (23/9/2012), dan finish di Labuhan Bajo, Flores, NTT. Desa Maria adalah rute yang dilewati Jelajah Sepeda ini menuju Sape.

Warga desa itu menyambut para tamunya dengan tarian wura bongi monca (tabur beras kuning), berikut disuguhkan makanan kuliner berbahan dasar tanaman pangan lokal: beras (padi lokal), jawawut, kacang panjang, kacang ijo, dan oha santa mina (nasi santan padi ketan), selain menyaksikan ritual ampa fare.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com