Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putaran Kedua, Litbang Kompas Lakukan Hitung Cepat

Kompas.com - 19/09/2012, 12:58 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti pada putaran pertama, Litbang Kompas akan kembali melakukan hitung cepat atau quick count seusai pemungutan suara putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 pada Kamis (20/9/2012) esok.

General Manager Litbang Kompas, Harianto Santoso, mengatakan, hitung cepat Pilkada DKI Jakarta akan kembali dilakukan pada putaran kedua ini. Hanya saja, sampling yang diambil tidak sebanyak seperti pada putaran pertama lalu dengan sampling error sebesar 0,5 persen.

"Pada putaran pertama, ada 400 TPS yang dijadikan sampling. Untuk putaran kedua ini, hanya 200 TPS saja di lima wilayah Jakarta," kata Hariyanto, saat dihubungi, Rabu (19/9/2012).

Dia menjelaskan bahwa pengambilan sampling pada putaran kedua ini lebih sedikit karena pasangan calon yang bertarung juga tidak sebanyak pada putaran pertama sehingga dengan sampling yang sedikit diperkirakan mampu memetakan hasil perolehan suara. Tidak hanya itu, dia juga tetap melakukan exit poll pada warga usai memilih di TPS. Hal ini dilakukan untuk melihat sebaran pendukung pasangan calon secara nyata sehingga dapat dikaji secara mendalam.

"Exit poll tetap akan dilakukan. Dari sini dapat dilihat, pasangan calon mana didukung oleh siapa," jelasnya.

Hasil dari hitung cepat Litbang Kompas ini akan disiarkan langsung di Kompas TV pada pukul 13.00 WIB. Sedangkan untuk laporan secara realtime dapat langsung dinikmati dari Kompas.com. Sementara ulasan lengkap dari hitung cepat dan analisis mendalam exit poll dapat disimak pada harian Kompas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com