Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PNPM Bangun Proyek di 990 Lokasi

Kompas.com - 13/09/2012, 20:55 WIB
Adi Sucipto

Penulis

   

LAMONGAN, KOMPAS.com - Dalam kurun waktu lima tahun atau sejak tahun 2007, proyek program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri pedesaan di Lamongan, Jawa Timur,  telah melaksanakan pembangunan di 990 lokasi dan mendirikan 255 unit bangunan lainnya. Fasilitas dan infrastruktur yang dilaksanakan berupa sarana dan prasarana jalan, jembatan, fasilitas air bersih, pembangunan saluran irigasi, gedung sekolah, dan pasar desa.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Lamongan, Heruwidi, Kamis(13/9/2012) menuturkan, sampai saat ini telah dilaksanakan pembangunan sarana jalan desa dan sarana jalan antar desa yakni sebanyak 863 lokasi, jembatan beton 25 , pasar desa sebanyak 12 unit. Pembuatan saluran irigasi dan drainase di 80 lokasi, pembangunan gedung Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebanyak 137 unit, pembangunan Poskesdes 79 dan sarana air bersih 27.

Pembangunan fasilitas air bersih tersebut sepanjang 43.603 meter atau sekitar 43 kilometer. Pembangunan sarana dan prasarana pendukung di 22 lokasi. Ruas jalan yang sudah dibangun mulai tahun 2008 melalui program PNPM mandiri pedesaan sepanjang 372.920 meter. "Tahun ini kucuran dana dari pusat untuk PNPM mandiri sebesar Rp 27 miliar, mudah-mudahan tahun mendatang bisa dua kali lipatnya atau Rp 50 miliar," ujar Heruwidi.

Bupati Lamongan, Fadeli, mengatakan, kegiatan PNPM mandiri sangat membantu bidang-bidang yang sangat prioritas dan mendukung kesejahteraan masyarakat Lamongan. Proyek fisiknya program PNPM Mandiri Pedesaan itu sama hebatnya dengan proyek pembangunan yang ada di pemerintahan.    

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com