Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinas Kesehatan Lampung Siap Siaga Bencana

Kompas.com - 04/09/2012, 14:28 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung meminta seluruh jajaran dinas kesehatan di Lampung untuk siap siaga terhadap kemungkinan memburuknya letusan Gunung Anak Krakatau.

"Kami sudah menyurati dinas kabupaten dan kota untuk mengantisipasi debu vulkanik dan kesiapsiagaan bencana. Kami minta mereka sosialisasikan penggunaan masker dan meningkatkan kesiapsiagaan kemungkinan terjadinya bencana," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, Selasa (4/9/2012).

Ia meminta dinas-dinas kesehatan di daerah untuk aktif mengantisipasi dampak dari letusan Anak Krakatau dan melaporkan adanya gangguan kesehatan dan ancaman keselamatan bagi masyarakat menyusul peningkatan aktivitas Gunung Anak Krakatau. "Kami juga mengimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar ruangan. Namun apabila berada di luar ruangan agar dapat menggunakan masker atau kacamata tabir surya. Lalu, menutup makanan dan minuman agar tidak terkontaminasi abu vulkanik," ujar dia.

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung juga telah menyiagakan stok masker sebanyak 9.000 buah. Dari laporan sementara, hujan abu vulkanik sepanjang dua hari kemarin telah menyebar ke Bandar Lampung, Pesawaran, dan Lampung Selatan bagian utara seperti Branti. "Untuk daerah yang terdekat macam Kalianda memang tidak terkena abu. Mungkin ini karena pengaruh kencangnya angin," tuturnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com