Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Barat Surga Narkoba

Kompas.com - 03/09/2012, 19:40 WIB
Bima Setiyadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya peredaran narkoba di wilayah DKI Jakarta, khususnya Jakarta Barat, tidak dapat dipungkiri. Banyaknya perumahan elite dan tempat hiburan di Jakarta Barat menjadi salah satu penyebab maraknya peredaran narkoba.

"Narkoba terbanyak di perumahan elit karena sepi, seperti perumahan Taman Palem, Green Garden, dan apartemen sering dijadikan kutu loncat oleh para bandar narkoba. Tempat hiburan juga kerap dijadikan para oknum narkoba untuk mengedarkan barang-barang tersebut," kata Kasat Narkoba Polres Jakarta Barat AKBP Gembong Yudha, Senin (3/9/2012).

Ia mengatakan, perumahan elite sulit dipantau gerak-gerik warganya. Sementara perumahan warga, polisi dapat lebih cepat mengetahui gerak-gerik warganya. Sesama warga juga bisa saling mengawasi.

Seperti halnya di Komplek Permata (Kampung Ambon) yang sering dirazia polisi. Banyaknya warga yang berperan aktif melaporkan ke polisi, menyebabkan pengedar narkoba yang tertangkap di daerah itu menurun.

Sementara di Jakarta Barat, diakui tempat hiburan di kawasan tersebut lebih banyak ketimbang di wilayah lain Ibu Kota. Di tempat hiburan pula peredaran narkoba banyak peminatnya.

Dikatakan Gembong, tempat hiburan identik dengan musik, dan ekstasi yang efeknya bisa memacu adrenalin untuk berjoged. Pihak pengelola sebenarnya telah menyediakan minuman alkohol, namun yang terlaris hanya minuman mineral, sehingga membuat pengelola rugi. Kondisi seperti itu uang kerap dimanfaatkan oleh oknum tertentu.

"Kami sering melakukan razia di sana, namun sering kali bocor. Oleh karenanya kami tetapkan Target Operasi (TO) lebih dahulu, baru melakukan penangkapan. Seperti halnya di Crown, di mana kami berhasil mengamankan 700 butir ekstasi," ujarnya.

Untuk meminimalisir peredaran narkoba, Gembong menjelaskan, pihaknya bekerjasama dengan para pengelola apartemen, tempat hiburan, penjaga lingkungan dan masyarakat sekitar untuk ikut membantu polisi mengawasi peredaran narkoba di sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com