Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kecurangan, Jokowi Turunkan 45.000 Relawan.

Kompas.com - 02/09/2012, 16:16 WIB
Luthfie Febrianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa Jokowi menginstruksikan kepada seluruh relawan maupun simpatisannya untuk memantau jalannya pemungutan suara untuk mengantisipasi kecurangan yang kemungkinan terjadi pada pemilihan gubernur DKI putaran ke-2 pada 20 September 2012,

"Nanti akan kita instruksikan 45 ribu relawan dan simpatisan kita untuk turun ke TPS di kecamatan dan kelurahan" ujar Jokowi.

Pernyataan tersebut diungkapkannya dalam acara jumpa pers di sela-sela acara halal bihalal di Istora Senayan yang diadakan oleh para relawan dan simpatisan Jokowi-Ahok.

Dalam jumpa pers tersebut, Jokowi turut mengklarifikasi adanya selebaran hitam berisi mendukung Jokowi berarti mendukung Megawati untuk Pilpres 2014.

Jokowi mengatakan sama sekali tidak memikirkan hal tersebut dan mengaku sepenuhnya berkomitmen untuk membangun kota Jakarta.

"Kiat sepenuhnya berkomitmen untuk membangun kota Jakarta dan tolong tinggalkan cara kampanye hitam, karena selama ini kami berkampanye dengan cara yang kreatif," kata Jokowi.

Mengenai halal bihalal yang digelar simpatisannya, Jokowi mengaku tidak mengeluarkan sepeserpun uang dari kocek pribadinya. Pun begitu soal bintang tamu yang diundang, Jokowi mengatakan tidak tahu mengapa bintang tamu acara kebanyakan adalah rocker-rocker lawas seperti Ian Antono dan Ahmad Albar.

"Saya tidak tahu, tanyakan saja sama panitianya, lha wong saya enggak keluar duit sepeserpun kok. Para artis itupun datang sendiri ke acara ini. Tanya saja sama mereka," kata Jokowi.

Menutup jumpa pers tersebut, Jokowi mengharapkan agar pemilihan gubernur putaran ke-2 berjalan lancar dan tidak ada gangguan. Dia juga mengaku tidak akan menyiapkan kampanye apapun pada putaran ke-2 ini mengingat singkatnya waktu kampanye yakni selama tiga hari.

"Kita enggak persiapan kampanye apa-apa dan saya harapkan putaran ke-2 ini berjalan lancar tidak ada gangguan," ujar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com