Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakapolri Usulkan Pemilik Museum Mini PD II Diberi Penghargaan

Kompas.com - 01/09/2012, 18:27 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Wakil Kapolri Komjen Nanan Sukarna meminta Bupati Pulau Morotai Rusli Sibua mengusulkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk memberikan penghargaan kepada pemilik museum mini Perang Dunia II, Muhlis Eso.

Muhlis Eso merupakan warga Morotai yang bertahun-tahun mengumpulkan peninggalan-peninggalan PD II. Muhlis lantas membangun sebuah gubuk berdinding gabah dan beratap seng bekas untuk menyimpan peninggalan-peningalan bersejarah itu.

Kini, gubuk Muhlis itu dinamakan museum mini PD II oleh Pemkab Pulau Morotai. Saat berkunjung ke Morotai Wakapolri menyempatkan diri berkunjung ke gubuk Muhlis yang menyimpan banyak peralatan perang itu.

Orang nomor dua di jajaran Polri ini pun mengagumi kreatifitas Muhlis karena menyimpan dan merawat benda-benda bersejarah itu. Dia pun berharap ada perhatian dari pemerintah atas jasa-jasa Muhlis dalam menghargai sejarah. "Mana Pak Bupati? Bagaimana pemerintah daerah memperhatikan dia (Muhlis)? Sebaiknya rumahnya ini dibuat lebih bagus dan nanti usulkan ke Presiden agar dia bisa diberikan semacam penghargaan," ujar Nanan saat mengunjungi museum mini milik Muhlis di Daruba, Morotai, Sabtu (1/8/2012).

Bupati Pulau Morotai yang kebetulan mendampinginya langsung mengapresiasikan permintaan Wakapolri itu. "Kita akan upayakan, karena rencananya benda-benda ini juga akan dipajang pada museum PD II yang lagi dibuat di lokasi Sail," jawab Rusli.

Setelah mengunjungi museum mini dan lokasi pelaksanaan Sail, Wakapolri selanjutnya diagendakan berkunjung ke Pulau Dodola. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com