Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Morotai Minta Dibangunkan Embarkasi Haji

Kompas.com - 31/08/2012, 13:31 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com -- Bupati Pulau Morotai Rusli Sibua berencana mengusulkan kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono untuk membangun embarkasi haji di Morotai, Maluku Utara (Malut). Rencana ini diusulkan dengan pertimbangan bahwa Morotai sudah memiliki fasilitas bandara dan letaknya yang strategis serta pertimbangan biaya perjalan haji dari Maluku Utara ke embarkasi Makassar terlalu tinggi.

Menurut Rusli, 9 kabupate/kota yang ada di Malut setiap tahun tidak sedikit mengeluarkan biaya untuk memberangkatkan jamaah hajinya ke Embarkasih Makassar. Setiap jamaah haji yang diberangkatkan ke embarkasi Makassar harus melalui Ternate dengan memakan waktu kurang lebih 2 jam, tepatnya 1 jam 40 menit.

"Bila ada embarkasi di Morotai, perjalanan dari Ternate ke Morotai hanya 25 menit," jelas Rusli, Jumat (31/8/2012).

Tak hanya dari Ternate, daerah lain juga akan mengalami hal yang sama seperti Papua dan Sulawesi Utara termasuk Ambon. Menurut Rusli, pertimbangan membangun embarkasi di Morotai dapat menekan biaya maupun waktu perjalanan.

"Dari letak yang strategis sudah sangat mendukung. Begitu juga dari sisi fasilitas, kita punya bandara peninggalan sekutu yang bisa memuat pesawat-pesawat besar," tambah Rusli.

Pemkab Morotai, lanjut dia, bahkan siap menyediakan lahan bila usulannya nanti disetujui presiden. "Jadi ini tinggal kita usulkan saja semoga ada persetujuan," kata Rusli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com