Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan Kembangkan Beras Lembut untuk Manula

Kompas.com - 23/08/2012, 14:54 WIB
Pieter P Gero

Penulis

TAIPEI, KOMPAS.com — Periset Taiwan, Kamis (23/8/2012), menegaskan, pihaknya telah mengembangkan beras khusus yang jika dimasak akan lembut dan sedikit manis. Beras ini cocok untuk manula, terutama dalam memenuhi kebutuhan mereka yang terus meningkat seiring dengan semakin banyaknya kelompok tersebut.

Beras jenis baru ini dikembangkan oleh Stasiun Ekstensi dan Riset Pertanian Distrik Miaolim di Taiwan Tengah, setelah sebuah proses panjang selama satu dekade. Beras baru yang lembut ini kemungkinan akan dipasarkan tahun depan.

"Kami kembangkan beras untuk orang usia lanjut, dengan maksud bisa menghasilkan beras yang agak lembut dan sedikit manis. Beras jenis ini juga memantapkan kondisi sawah dan dapat disimpan dalam jangka panjang," ujar Chang Su-jeing, salah seorang periset, sebagaimana dikutip AFP.

Dari hasil sensus terakhir, warga Taiwan yang berusia 65 tahun atau lebih kini mencapai 10,7 persen dari penduduk Taiwan yang berjumlah 23 juta jiwa. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, apabila jumlah penduduk usia di atas 65 tahun atau mencapai di atas 7 persen dari populasi, maka mereka masuk dalam komunitas "usia tua".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com