Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

114.607 Kendaraan Lewati Tol Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 18/08/2012, 19:40 WIB
Harry Susilo

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com- Data PT Jasa Marga menyebutkan, terdapat 114.607 kendaraan yang melintasi tol Jakarta-Cikampek pada Kamis (16/8/2012) lalu atau H-3 Lebaran 2012. Jumlah ini merupakan rekor terbanyak kendaraan yang melintasi tol Jakarta-Cikampek dalam satu hari.

"Jumlah ini lebih banyak dari prediksi Jasa Marga yang memperkirakan 109.000 kendaraan akan lewat tol," kata Kepala Bagian Manajemen Lalu Lintas PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Raddy R Lukman, di Gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta, Sabtu (18/8/2012).

Jumlah tersebut hasil penghitungan kendaraan yang masuk di gerbang tol Cikarang Utama menuju Cikampek pada Kamis pukul 06.00 hingga Jumat pukul 06.00.

Menurut Lukman, kebanyakan kendaraan melintas saat malam hari, terutama setelah buka puasa hingga pagi hari. Pada hari itu, kepolisian mengalihkan kendaraan di kilometer 66 untuk melintas ke tol Purbaleunyi hingga sembilan kali. "Biasanya tidak pernah sebanyak ini pengalihannya," ujar Lukman.

Membeludaknya jumlah pemudik ini berimbas kemacetan mulai dari akses keluar gerbang tol Cikampek hingga Pamanukan, Subang sejak Kamis malam hingga Sabtu pagi. Pemudik terjebak kemacetan lebih dari 16 jam.

Sebagian pemudik menempuh Cikampek-Ciasem, Subang mencapai 15 jam karena lalu lintas nyaris tidak bergerak. Padahal, normalnya Cikampek-Ciasem hanya ditempuh 2 jam perjalanan.

Hal ini tidak terlepas dari tidak efektifnya skenario pengalihan lalu lintas oleh kepolisian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com