Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toilet Pun Diserbu Pemudik

Kompas.com - 17/08/2012, 00:56 WIB
Harry Susilo

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com — Setiap menjelang Lebaran, tidak hanya ruas jalan di jalur pantai utara atau pantura yang dipadati kendaraan pemudik. Fasilitas toilet yang ada di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) pun diserbu pemudik. Hal ini seperti yang terlihat di sejumlah SPBU di tepi jalur pantura di Karawang, Jawa Barat, Kamis (16/8/2012) malam.

SPBU Balong Gandu, misalnya, sejak dua hari terakhir ini selalu dipenuhi pemudik yang kebanyakan mengendarai sepeda motor. Tentunya hal ini berimbas pada meningkatnya pendapatan si penjaga toilet.

Arman (35), penjaga toilet di SPBU Balong Gandu, mengakui, dari jasa penyediaan toilet saat arus mudik pada Rabu lalu bisa terkumpul Rp 1 juta dalam satu hari. Jika setiap pengguna toilet dikenai biaya Rp 1.000, maka setidaknya dalam satu hari ada seribu orang yang menggunakan toilet di SPBU ini.

"Biasanya, paling ramai sesudah lewat tengah malam sampai pagi hari," kata Arman.

Pungutan yang dikenakan untuk pengguna toilet ini disetor kepada pengelola SPBU. Namun, penjaga toilet mendapatkan uang lembur. "Biasanya diberi Rp 30.000 per hari, pas arus mudik bisa dapat Rp 100.000 per hari. Lumayan untuk Lebaran," kata Arman.

Bahkan, tidak hanya SPBU. Fasilitas toilet dadakan pun disediakan warga yang tinggal di tepi jalur pantura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com