Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geliat 17 Agustus di Antara Siswa Keturunan...

Kompas.com - 16/08/2012, 10:29 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan siswa Singapore International School (SIS) Kebon Jeruk dari berbagai macam negara turut merayakan Hari Kemerdekaan ke-67 Republik Indonesia, Kamis (16/8/2012), di SIS, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Acara tahun ini mengambil tema "Back to Nature to Celebrate Indonesia" untuk menumbuhkan kecintaan dan pengenalan akan Indonesia.

"Tema dan kegiatan sengaja kita sesuaikan, supaya tumbuh respek kepada Indonesia dan anak-anak dapat lebih mengenalnya," kata Kepala Sekolah SIS Kebon Jeruk, Ismail Abdul Samat saat ditemui di lokasi acara.

Serangkaian kegiatan untuk mendukung tema digelar, mulai dari upacara bendera sampai parade busana tradisional. Sekitar 179 siswa Taman Kanak-kanak (TK) hingga tingkat SMP ini turut berlenggak-lenggok dengan busana dari berbagai daerah pilihan guru dan orangtua siswa. Para siswa yang mayoritas merupakan warga keturunan Korea, Singapura, Filipina, Cina dan sebagainya itu tampak sangat menikmati kegiatan ini.

Setelah puas berparade dengan busana tradisional di halaman sekolah, para siswa juga diberi kesempatan untuk mengikuti lomba membuat monas dari bahan daur ulang. Ismail mengatakan, sekolah yang berdiri pada tahun 1996 ini juga menyelipkan konsep "go green" dalam tema peringatan hari ulang tahun RI tahun ini. Dengan konsep ini, sekolah berharap bisa memotivasi para siswa untuk turut menjaga kelestarian alam.

"Kehidupan kita tak lepas dari lingkungan di sekitar, dan untuk melestarikannya menjadi tanggung jawab setiap individu maka kami ajarkan para siswa sedini mungkin untuk lebih peduli terhadap lingkungan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com