Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkenal dengan Sampah, Labuan Bajo Dibersihkan

Kompas.com - 15/08/2012, 12:26 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Ratusan sukarelawan dari  Yayasan Komodo Kita, Tourism Managemen Organization Komodo Destinazation, Plasticman Institute Kota Labuan Bajo, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Manggarai Barat yang tergabung dalam satuan tugas sampah membersihkan Kota Labuan Bajo, Rabu (15/8/2012).

Satgas sampah ini membersihkan Kota Labuan Bajo dari tumpukan sampah yang selama ini menjadi masalah khusus bagi kota di wilayah Kabupaten Manggarai Barat tersebut.

Seorang wisatawan asal Swiss, Dominic menyambut baik aksi simpatik yang dilakukan hari ini. Menurutnya, selama ini Kota Labuan Bajo terkenal kotor dengan sampah yang tersebar di berbagai titik. Padahal, kondisi yang bersih sesungguhnya dapat mendongkrak daya saing Kota Labuan Bajo dengan wisata kapal pesiar dan aktivitas selamnya.

Koordinator Satgas Sampah Kabupaten Manggarai Barat, Feri Adu mengungkapkan,  selain warga masyarakat, sejumlah kendaraan dan dua alat berat dikerahkan untuk membersihkan sampah-sampah yang bertumpuk di selokan.

Staf Yayasan Komodo Kita, Zakarias Samuel Sem menjelaskan, sejumlah staf Yayasan Komodo Kita memang sengaja diturunkan untuk membersihkan sampah. "Ini merupakan masalah bersama dan tanggungjawab bersama dalam menciptakan Kota Labuan Bajo menjadi kota bersih," kata Zakarias.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com