Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Pengunjung TN Komodo Terus Meningkat

Kompas.com - 08/08/2012, 02:52 WIB

Labuanbajo, Kompas - Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, terus meningkat. Khusus wisatawan asing, hingga akhir tahun ini jumlahnya diyakini mencapai 50.000 orang.

”Khusus tahun 2012, wisatawan asing yang berkunjung ke TN Komodo hingga Mei berjumlah 13.674 orang. Kami optimistis hingga akhir tahun ini jumlahnya bisa mencapai 50.000 bahkan 51.000 orang karena musim kunjungan padat ke TN Komodo berlangsung mulai Juni hingga Oktober,” kata Kepala Dinas Pariwisata Manggarai Barat Theodorus Suardi di Labuan Bajo yang ditelepon dari Kupang, Selasa (7/8).

Terkait mulai padatnya kunjungan wisatawan asing ke TN Komodo, Camat Komodo, Abdullah Nur, mengatakan, ”Mereka kalau mau ke TN Komodo harus ke Labuan Bajo terlebih dulu. Selama kurang lebih sebulan, jumlah wisatawan asing dan warga setempat yang mondar mandir berjalan kaki di Labuan Bajo tidak jauh berbeda,” tutur Abdullah Nur.

Harus diakui keberadaan binatang purba itu, apalagi setelah termasuk dalam tujuh keajaiban dunia, menjadi aset berdaya tarik tinggi yang menyedot perhatian dunia, terutama wisatawan. Tahun 2008 jumlah wisatawan ke TN Komodo 21.773 orang. Setahun berikutnya meningkat menjadi 32.037 orang. Tahun 2010 mencapai 41.117 orang. Tahun 2011 sebanyak 41.443 orang. Sekitar 80 persen pengunjung adalah wisatawan asing.

Berkat daya tarik komodo yang kian menyihir dunia, bisnis perhotelan di Labuan Bajo semakin menggeliat. Sejak tahun 2007, berdiri lima hotel berbintang di kota itu.

Sementara itu, menghadapi libur Lebaran tahun ini, hotel-hotel di Bandung, Jawa Barat, menawarkan beragam paket menginap. Paket yang ditawarkan umumnya menyasar keluarga yang ditinggal pekerja rumah tangganya yang pulang ke kampung halaman.

”Kami ingin membuat keluarga yang ditinggal pekerja rumah tangganya punya rumah kedua di hotel,” ujar Susanti Jaya, humas Hotel Grand Aquila. Sekitar 40 persen dari 220 kamar di hotel ini sudah dipesan. Hal serupa dikemukakan Nike April, humas Novotel Bandung. Hotel ini menawarkan paket menginap Rp 1,4 juta semalam dilengkapi makan pagi dan makan malam.(ELD/ANS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com